in

Nasi Becek Makanan Melegenda Penggoyang Lidah Sepanjang Masa

Nasi Becek makanan melegenda khas Nganjuk, pilihan mantap kuliner nikmat.

Nganjuk merupakan salah satu Kota di Jawa Timur, terletak di dataran rendah yang dikelilingi pegununung disekitarnya, oleh karena itu kota ini dijuluki “Kota Angin”.

Dengan memiliki tempat yang strategis, tak heran jika kota Nganjuk merupakan kota yang nyaman dan memiliki kearifan lokal yang beragam. Selain kota yang  nyaman, kota Nganjuk juga dikenal dengan berbagai jajanan dan makanan yang melegenda.

Kira-kira apa saja ya makanan khasnya? Yuk intip di sini!

Ya, salah satu makanan khas yang melegenda di kota ini adalah “Nasi Becek”. Mungkin dari kalian pernah tahu tapi belum pernah mencoba atau sekadar baca menu saja.

Mungkin ada yang hanya mendengar namannya saja, bahkan ada yang belum pernah tahu dan bertanya-tanya “Apa sih nasi becek itu? seperti apa sih nasi becek itu? Gimana sih rasanya nasi becek itu? Di mana tempat belinya nasi necek itu? Kenapa sih harus nasi becek?

Yup, mari ikuti saya!

Nasi becek makanan melegenda khas Nganjuk, pilihan mantap kuliner nikmat. Siapa ya, yang enggak kenal nasi becek? Ya, tak jarang masyarakat luar nganjuk tahu, dan mereka rata-rata pernah menikmati kelezatannya.

Terlebih orang Nganjuk sendiri. Sepertinya, hanya sebagian masyarakat kecil belum pernah menikmati kelezatan nasi becek ditambah sate kambing khas Nganjuk.

Pengetahuan bagi Anda yang belum pernah menikmati kelezatan nasi becek. Plus juga dapat menambah pengetahuan bagi yang sudah menikmatinya. Dan satu hal yang pasti, nasi becek sudah menjadi ikon Kota Nganjuk di luar sana.

Nasi becek, sebenarnya sudah menjadi buah bibir masyarakat sejak dulu. Kalau daerah luar Nganjuk kita sering mengenalnya sebagai soto kambing atau gulai kambing, mungkin nasi becek termasuk makanan yang sejenis.

Namun , tetap saja berbeda baik dalam pengolahan, rasa, ataupun penyajian. Bahkan jika sama-sama nasi beceknya beda kokinya beda juga rasannya. Anda dapat membuktikannya sediri, dengan membeli nasi becek selain di kota Nganjuk.

Keistimewaan Nasi Becek

Makanan ini sekilas terlihat mirip dengan kare kambing atau gulai kambing, tapi nasi becek disajikan seperti soto babat yang didalamnya terdapat irisan kubis, kecambah dan potongan daging atau babat.

Selain itu ditambahkan juga sate kambing sebagai menu pelengkapnya. Perpaduan rasa kuah dan sate inilah yang menjadi keistimewaan dari makanan nasi becek.

Pembuatan Nasi Becek

Nasi becek khas Nganjuk ini menggunakan banyak jenis bumbu. Alias maju bumbunya. Bumbu seperti sere, lada, pala, kapulaga termasuk bawa ng merah dan putih. Belum lagi empon-empon seperti kencur, jinten dan semua jenis bumbu dimasukkan menjadi satu.

Pokoknya semua bumbu masak dipakai semua. Tidak heran bila rasa kuah becek sangat menggigit lidah, tapi tidak menyengat. Selain itu ditambahkan dengan potongan daging kambing dan jeroan tentu membuat nasi becek ini semakin nikmat.

Nasi Becek ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan di atasnya juga terdapat aneka trancam seperti irisan kubis, seledri, dan kecambah.

Kemudian, disiram dengan kuah dan dagingnya. Untuk sate kambing biasanya disajikan secara terpisah atau disajikan langsung di atas Nasi Becek.

Cita Rasa Nasi Becek

Nasi Becek ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Walaupun kuahnya terbuat dari aneka bumbu yang beragam, tapi kuah memiliki rasa yang pas dan tidak terlalu menyengat.

Isi daging pada kuah tersebut juga terasa empuk sehingga tidak terlalu susah untuk menyantapnya. Taoge pendek yang dicampurkan di dalamnya memberikan efek segar dan renyah.

Seledri juga memberikan sentuhan aroma lain yang menyingkirkan aroma khas daging kambing yang biasanya agak prengusDemikian pula taburan bawang merah gorengnya. Selain itu, salah satu ciri khas dari nasi becek ini adalah perpaduan rasa kuah dan sate kambingnya.

Sate kambing ini sudah terlebih dahulu dibumbui dengan bumbu kacang, kecap dan irisan bawang merah. Sehingga bila dibandingkan dengan kuah nasi beceknya akan menjadi dua rasa yang berbeda dan bila keduanya dipadukan akan menjadi satu rasa yang sangat khas.

Tempat Kuliner Nasi Becek

Bagi anda yang berkunjung ke Kota Nganjuk, Jawa Timur, tentu kurang lengkap bila belum menikmati makanan satu ini. Nasi becek ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di sana.

Salah satu tempat kuliner nasi becek yang mudah dijumpai adalah di Jalan Dr. Soetomo, Nganjuk, Jawa Timur. Selain itu banyak juga penjual nasi becek yang berjualan di daerah Nganjuk lainnya.

Sekian pengenalan tentang “Nasi Becek Makanan Tradisional dari Nganjuk, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang ragam kuliner tradisional di indonesia.

Selamat mencoba!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menelusuri Rindu Lewat Rasa Pedas Mangut Ndas Manyung

Cita Rasa Nusantara Bernuansakan Eropa (Salad With Peanuts Sause)