in

LoveLove

Pengumuman Pemenang Lomba Menulis Kuliner Juara Kampung Halaman

“Kuliner kampung halaman selalu mendapat tempat di hati. Kemana pun kita pergi, cita rasanya yang khas dan otentik pasti setia mengikuti.”

Selalu ada hal yang mengingatkan kita akan kampung halaman. Entah suasananya yang tentram tanpa terasa dikejar deadline. Entah kehangatan yang tak dirasa ketika hanya sendirian. Atau cita rasa yang terasa beda jika tak digarap tangan aslinya.

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Belanga Indonesia ingin membangkitkan semangat kuliner daerah di seluruh Indonesia. Menulis dan kembali mengingat pengalaman rasa adalah salah satu cara untuk menghidupkan beragam kuliner tersebut, yang barangkali mulai tergeser oleh rasa-rasa populer.

Sejak bulan Juli hingga 21 Oktober silam, berpuluh-puluh tulisan masuk ke meja redaksi kami. Tiap penulis memiliki motivasi dan gaya tersendiri dalam mengungkapkan kuliner kampung halamannya.

Ada yang membangkitkan memori lewat kebiasaan-kebiasaan di rumah, ada yang mengenalkan tradisi adat suatu daerah, dan ada yang membawa kami mengeksplor tempat-tempat legendaris yang belum terekspos sebelumnya. Dari nama sajian yang umum hingga yang namanya susah kami eja, semuanya memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi Belanga Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Belanga Indonesia pun menggandeng Good Indonesian Food sebagai partner Lomba Menulis Kuliner Juara Kampung HalamanGood Indonesian Food adalah salah satu platform yang memiliki visi seperti Belanga Indonesia, yakni bercerita dan menyebarkan tentang keragaman kuliner Indonesia yang sebetulnya ‘tidak ada yang tidak enak’. 

“Sejujurnya, kuliner Indonesia itu nggak ada yang nggak enak. Pilihannya hanya enak atau enak banget,” sahut Astrid Maharani selaku Project Director Good Indonesian Food.

“Kami berupaya untuk membesarkan nama kuliner Indonesia lewat story dan pengalaman makan. Surprisingly, hal ini semakin menarik untuk dikulik, terutama bagi pasar kami yang notabene wisatawan asing.”

Belanga Indonesia mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan mendukung proram Lomba Menulis Kuliner Juara Kampung Halaman Ini. Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, lomba menulis ini berhadiahkan total uang belasan juta rupiah berikut voucher persembahan Good Indonesian Food. Jadi, siapakah pemenangnya?

1# Pemenang Utama

Herma Ismail
“Barongko, Camilan Mewah Dibalut Kesederhanaan”

Hadiah: Uang tunai sebesar Rp 5.000.000,00 + Sertifikat + Paket Trip Good Indonesian Food

2# Pemenang Runner Up

Fahri Zulfikar
“Ada Apa dengan Rujak Bebeg Khas Gunungkidul?”

Hadiah: Uang tunai sebesar Rp 3.000.000,00 + Sertifikat + Paket Trip Good Indonesian Food

Pemenang Hiburan (7 Peserta)

Septa Wuriyanti
“Nasu Palekko, si Hidangan Galak yang Selalu Eksis”

Delzadera
“Warna Warni Kuliner Kota Bandung

Retno Septyorini
“Seutas Rindu dari Sepiring Mie Lethek”

Andriana Rumintang
“Saat Asam Pedas Patin khas Melayu Merantau ke Pulau Jawa”

Anne Rufaidah
“Renyahnya Sajian Iwung khas Tatar Sunda”

Alfian Dippahatang
“Menikmati Coto Wesabbe Khas Masakan Daeng Masaong”

Satrio Putra
“Mendoan Ilang Mendo-Ne”

Hadiah (masing-masing): Uang tunai sebesar Rp 1.000.000,00 + Sertifikat

Selamat kepada para pemenang! Selamat memanfaatkan kemenangan untuk kembali menyebarkan kekayaan dan keragaman kuliner Indonesia. Pemenang akan segera dihubungi oleh pihak Belanga Indonesia melalui email (sesuai yang dipakai untuk mengirim artikel atau yang sudah mendaftar dalam website Belanga Indonesia sebelumnya).

Perjuangan belum berhenti di sini. Teruslah bercerita tentang kuliner kampung halamanmu dan kuliner lain yang kamu banggakan. Sebab itulah yang menjadikan kamu dan kita sebagai Indonesia.

 

Salam dari kawan makanmu,

Belanga Indonesia

What do you think?

3 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sego Gegog, si Pemilik Rasa Pedas yang Jengkar dari Bontot di Ladang Menjadi Bintang di Angkringan

Barongko, Camilan Mewah Dibalut Kesederhanaan